Tak Hanya Data Scientist, Berikut 3 Jenis Pekerjaan Yang Membutuhkan SQL

SQL atau Structured Query Language adalah salah satu fungsi penting yang berguna ketika anda mempelajari teknik komputer jaringan. Akan tetapi, anda tak hanya bisa mempelajarinya di universitas saja. melainkan kursus programming online dengan SQL juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mempelajarinya.

Hal Yang Perlu Anda Tahu Tentang SQL

SQL adalah salah satu bahasa pemrograman yang mana memiliki fungsi untuk mengakses, memanipulasi data hingga mengubah data berbasis relasional. Standarisasi dari SQL sendiri memang sudah ada sejak tahun 1986 dan diinisiasi oleh ANSI. Dalam server yang ada pada database, saat ini juga banyak yang telah menggunakan SQL.

Jika anda merupakan orang yang masih pemula dalam dunia IT, maka bahasa pemrograman ini kerap kali diartikan sebagai salah satu bahasa yang berguna untuk mengakses sebuah data dalam basis relasional. Bahkan bahasa pemrograman ini merupakan bahasa kedua yang paling banyak digunakan oleh developer.

Pekerjaan yang Membutuhkan Skill SQL

  1. Big Data Architect

Apabila anda memang berniat untuk bekerja di bidang data, pastinya skill dasar SQL sangat diperlukan. Hal ini tentu saja dikarenakan SQL adalah bahasa pemrograman yang memiliki kaitan erat dengan database maupun data. salah satu jenis pekerjaan yang nantinya diperlukan skill SQL adalah big data architect.

Pekerjaan satu ini membutuhkan seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk membuat produk dan mengelola data dalam jumlah yang terbilang sangat besar. Selain itu, big data architect ini juga menggunakan database dalam pekerjaannya sehari hari. Sehingga, penting bagi anda yang ingin terjun ke dunia karir ini untuk mempelajari dan memiliki skill dasar dari SQL.

  1. Database Administrator

Jenis pekerjaan lainnya yang juga membutuhkan skill SQL adalah database administrator. Seperti namanya sendiri, database administrator tentunya akan mengakses data hingga mengubah data yang ada pada database. Seperti yang anda tahu, database saat ini menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh perusahaan.

Oleh karena itu, salah satu jenis pekerjaan yang memang memiliki kaitan dengan database adalah database administrator atau yang dikenal dengan DBA. Tugas dari DBA ini nantinya akan mengemban tanggung jawab untuk mengendalikan basis data yang ada di sebuah perusahaan.

Adapun basis data tersebut nantinya hanya bisa diakses oleh orang orang penting atau orang orang tertentu saja. oleh karena itu, pekerjaan yang berkaitan dengan database ini memang diperlukan skill SQL. Lantaran SQL memang sangat erat kaitannya dengan database.

  1. Data Scientist

Selain itu, ada pula jenis pekerjaan lain yang mana membutuhkan skill SQL. Pekerjaan tersebut adalah data scientist. Untuk pekerjaan satu ini memang memiliki tugas yakni bertanggung jawab di dalam membuat database. Tak hanya itu, saja, seorang data scientist juga memiliki tanggung jawab untuk mengolah data dan menyajikan hal yang baru.

Adapun hal baru tersebut sering kali disebut dengan produk data. nantinya produk data tersebut akan digunakan oleh perusahaan di dalam menentukan kebijakan pada produksi. Karena pekerjaan satu ini berhubungan langsung dengan database, maka tentunya seseorang yang memiliki skil SQL sangat diperlukan untuk pekerjaan satu ini.

Itulah beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan skill SQL dalam mengerjakan tugasnya. Apabila anda tertarik untuk meniti karir dengan pekerjaan tersebut, tak ada salahnya mulai sekarang untuk mempelajari SQL. Anda pun bisa belajar secara online melalui kursus yang ada di Nextgen. Untuk lebih jelasnya, anda bisa klik website nextgen.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *